Beranda » Perdagangan Internasional » Tujuan dan Manfaat Kebijakan Perdagangan Internasional

Tujuan dan Manfaat Kebijakan Perdagangan Internasional

Blog

PEREKONOMIAN INDONESIA

Artikel dan Berita Pilihan

 

Blog ini dibuat sebagai upaya membantu para mahasiswa memperkaya pengetahuan dan pemahamannya tentang materi kuliah Perekonomian Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Suprapto Estede

Tujuan dan Manfaat Kebijakan Perdagangan Internasional
Perdagangan International biasanya dilakukan oleh dua negara yang mencapai kesepakatan bersama, biasanya ada kebijakan perdagangan International yang menjadi faktor penting dalam melakukan proses perdagangan International tersebut.

Pentingnya kebijakan tersebut dilihat dengan makin banyaknya pemerintah membuat kebijakan perdagangan International. Bila dipelajari memang benar bahwa kebijakan tersebut membawa peranan yang penting.

Tujuan Kebijakan Perdagangan Internasional

Perlu diketahui bahwa setiap tindakan itu mempunyai tujuan, begitu pun dengan kebijakan perdagangan internasional ini. Berikut ini adalah beberapa tujuan mengenai kebijakan perdagangan internasional.

1. Autarki
Autarki adalah sebuah jalan untuk menghindari dari pengaruh negara lain dalam beberapa hal bukan hanya ekonomi, akan tetapi juga pada bidang politik dan militer.

2. Kesejahteraan
Kesejahteraan merupakan salah satu kebijakan yang diambil, dengan menciptakan kesejahteraan dan mengadakan perdagangan internasional ini akan memperoleh keuntungan maksimal dari terjadinya spesialisasi suatu produksi dan meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat di suatu negara.
Dengan adanya kebijakan ekonomi internasional ini kita mampu menghapuskan segala bentuk hambatan perdagangan internasional seperti tarif bus, larangan perdagangan, quota dll.

3. Proteksi
Proteksi (perlindungan) di mana penerapan kebijakan ekonomi internasional mempunyai tujuan untuk melindungi seluruh industri yang sedang mengalami perkembangan atau sedang tumbuh dan melindungi perusahaan baru serta memberikan perlindungan terhadap produk dalam negeri dari pesaing barang impor.
Pada dasarnya untuk perlindungan dalam perdagangan ini yaitu: Kuota, larangan impor, subsidi, dan dumping.

4. Keseimbangan Neraca Pembayaran
Keseimbangan neraca pembayaran merupakan tujuan dari ditetapkannya kebijakan ekonomi internasional. Karena pada dasarnya kebijakan ekonomi internasional akan berpengaruh terhadap neraca pembayaran .

Contoh, ketika pemerintah menerapkan sebagian stabilitas ekonomi internasional pada negara yang kelebihan valuta asing atau devisa maka akan terjadi sesuatu pada neraca pembayaran.
Sedangkan apabila pemerintah menerapkan kebijakan ekonomi internasional di negara yang valuta asingnya kurang, maka perubahan baik terhadap proses maupun lalu lintas uang.

5. Pembangunan Ekonomi
Terjadinya pembangunan ekonomi merupakan salah satu tujuan utama diterapkannya kebijakan ekonomi internasional. Perlu diketahui bahwa ketika suatu negara mengalami pembangunan ekonomi yang baik dan merata, maka ia menunjukkan bahwa kesejahteraan masyarakat terjamin.

Untuk mencapai pembangunan dan kesejahteraan makan perlu ditetapkan kebijakan antara lain:
• Melakukan perlindungan terhadap industri dalam negeri (terkhusus pada industri yang masih dalam masa awal perjalanannya).
• Menekan jumlah barang impor yang tidak terlalu dibutuhkan.
• Memperbanyak ekspor.

Manfaat Kebijakan Perdagangan International

Kebijakan perdagangan International memberikan manfaat bagi suatu negara. Lebih mengejutkan bahwa kebijakan ini mengikat pada beberapa bidang penting dalam suatu negara. Apa saja manfaat dari kebijakan perdagangan International? Berikut ini merupakan penjelasan kebijakan perdagangan International yang wajib Anda ketahui.

1. Bidang politik
Dalam bidang politik adanya perdagangan mampu menjalin kerja sama dengan negara lain. Kerja sama politik ini membuat kekuatan militer suatu negara makin kuat. Bila membutuhkan kekuatan politik maka, negara lain pasti siap membantu.

2. Bidang sosial
Manfaat dari kebijakan perdagangan International dalam ini adalah dapat meminimalisir terjadinya krisis dan menjalin hubungan sosial yang baik dengan negara lain. Hubungan baik tersebut terus terjalin selama melakukan perdagangan International. Adanya kelancaran hubungan sosial maka, kedamaian bisa tercipta untuk kedua belah pihak.

3. Bidang ekonomi
Perdagangan International sangat bermanfaat sekali dalam bidang ekonomi ini. adapun manfaatnya yaitu dapat menambah pendapatan negara, menciptakan kemakmuran, pemenuhan kebutuhan suatu negara, menciptakan lapangan pekerjaan, membuat perkembangan produksi barang meningkat dan memberikan devisa untuk negara.

Manfaatnya sangat jelas penting sekali, sekarang Anda sudah mengetahui dari kebijakan perdagangan International. Tentunya Anda sangat senang sekali dapat mempelajari tentang kebijakan perdagangan yang sangat penting bagi suatu negara.

Kebijakan Perdagangan Internasional


https://misterexportir.com/kebijakan-perdagangan-internasional/


Tinggalkan komentar

Arsip

Blog Stats

  • 7.895 hits